Saturday, August 18, 2018

TIPS PERJALANAN

TIPS MELAKUKAN PERJALANAN JAUH DENGAN ANAK - ANAK


    Bepergian jauh dengan mobil memang menyenangkan, apalagi dengan keluarga. Momen jenuh berkendara seolah bisa terobati bila diselingi berbincang dengan pasangan atau mendengar si kecil bicara. Namun, keceriaan bersama keluarga bisa berubah menjadi petaka apabila orangtua lalai menjaga kenyamanan dan keselamatan anak. Apa saja sih yang harus diperhatikan saat membawa anak dalam perjalanan jauh dengan mobil?

PATUHI PERATURAN LALU LINTAS

Tips pertama sebelum bepergian bersama anak adalah selalu ingat untuk mematuhi marka jalan dan aturan berlalu lintas untuk mencegah kejadian yang bisa membahayakan keselamatan Anda dan si kecil.

 Tips-perjalanan-bersama-anak
DUDUKKAN ANAK DI KURSI BELAKANG & PASTIKAN SEAT BELT ANAK TERPASANG

Mendudukkan anak di kursi belakang jauh lebih aman dibanding mendudukkannya di kursi depan. Bila mobil direm mendadak, anak akan terhindar dari berbenturan dengan dashboard atau kaca depan. Untuk anak berusia di bawah 5 tahun, akan lebih baik lagi bila didudukkan di car seat untuk balita. Pasangkan juga seat belt pada anak meskipun ia duduk di kursi belakang untuk menjaga keselamatannya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

SELALU KUNCI MOBIL SAAT BERJALAN

Rasa ingin tahu anak yang tinggi memungkinkan ia untuk tiba-tiba membuka pintu mobil saat mobil sedang melaju. Karena itu, jangan lupa mengunci pintu dengan fungsi central lock pada saat mobil sedang berjalan. Fungsi ini membuat mobil hanya bisa dibuka dari pintu pengemudi. Dengan mengunci dengan sistem sentral, mobil juga dihindarkan dari resiko pintu dibuka dari sisi luar oleh orang lain.

SELALU SEDIAKAN MAKANAN, HIBURAN DAN OBAT-OBATAN UNTUK ANAK

Selain baju ganti yang cukup, pastikan si kecil tidak kelaparan dan kehausan di jalan. Membeli makanan di perjalanan tentu dapat menjadi pilihan, namun membawa makanan dari rumah lebih diutamakan karena selain lebih hemat, kebersihannya pun lebih terjamin. Jangan lupa pula untuk membawa mainan yang dapat menghibur anak selama berkendara, karena umumnya anak akan jenuh bila harus duduk dalam waktu yang lama. Permainan anak yang sederhana juga dapat menjadi alternatif agar anak tetap ceria. Anda dapat membawa obat-obatan pribadi untuk anak dan minyak kayu putih apabila diperlukan.

MENEPI SETIDAKNYA 2-3 JAM SEKALI

Secara rata-rata, anak umur 13 tahun ke bawah akan buang air sebanyak 13 kali sehari. Karena itu, menepilah di rest area setiap 2-3 jam sekali agar anak bisa buang air dan meluruskan kaki. Bila Anda terus berkendara tanpa henti, kemungkinan anak akan rewel karena bosan dan bisa mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi.



JANGAN TINGGALKAN ANAK DALAM MOBIL YANG PANAS

Umumnya, suhu mobil bisa naik 10o-15o Celcius setiap 15 menit, dan suhu tubuh anak dapat meningkat 3-5 kali lebih cepat dibanding orang dewasa karena cadangan air dalam tubuh yang lebih rendah. Meninggalkan anak dalam mobil yang panas meski membuka jendela, dapat membuatnya mengalami stroke panas yang meliputi pusing, disorientasi, dan kulit memerah. Dalam beberapa kasus, anak bahkan bisa mengalami kematian. Karena itu, sebisa mungkin jangan tinggalkan si kecil Anda dalam mobil. Bila terpaksa melakukannya, pastikan AC mobil menyala dan Anda tidak pergi lebih dari 5 menit. Jangan lupa untuk membuka jendela sedikit bila di dalam mobil sedang ada penumpang yang tertidur.

 Datsun-GO-Plus
Yang tak kalah pentingnya selain point-point di atas adalah untuk mengecek kondisi mobil dan ketersediaan bensin sebelum dan selama bepergian. Mobil yang mogok karena kehabisan bahan bakar akan membuat durasi trip Anda semakin panjang dan mood si kecil memburuk karena bosan.  Karena itu, akan lebih baik jika mobil Anda memiliki fitur Digital Display seperti yang dimiliki oleh Datsun GO+, yang memberikan informasi jarak sebelum bahan bakar habis, sehingga Anda bisa mengantisipasi kehabisan bensin dengan mencari pom terdekat untuk melakukan pengisian ulang saat bensin terlihat menipis. Datsun GO+ juga memiliki seatbelt di baris keduanya yang siap mengamankan buah hati Anda, serta desain kursi yang beradaptasi dengan lekuk punggung dan interior yang senyap agar anak tetap bisa beristirahat dengan nyaman selama berkendara. Ventilasi AC 360 derajat di dashboard atas juga siap untuk menangkal panas. Kenyamanan ini didukung pula dengan suspensi depan yang menggunakan double pivot front arm agar mobil dapat bergerak lebih lincah namun tetap memberikan sensasi berkendara yang lembut saat melalui jalan yang tidak rata.

Bagaimana? Sudah siap berjalan jauh dengan si kecil?

No comments:

Post a Comment